E-Series : E-Commerce
Setelah membahas E-Series
yang lain, kurang lengkap bila gak membahas yang satu ini yaitu E-commerce.
Yuk, simak ulasan berikut ini :
Perdagangan elektronik
(electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, penjualan, pembelian,
pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti
internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce melibatkan transfer
dana dan pertukaran data elektronik, sistem manajemen dan pengumpulan data
secara otomatis. E-commerce adalah salah satu bisnis yang paling sering
digeluti oleh masyarakat di Indonesia karena memberikan keuntungan yang
menjanjikan.
Jenis-Jenis
E-commerce
Ada beberapa jenis
e-commerce yang paling sering dipilih, antara lain:
• E-commerce business
to business (B2B)
Jenis bisnis B2B ini
dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan
bisnis, di mana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang
mereka lakukan.
Biasanya, jenis B2B
dilakukan secara berkelanjutan karena kedua belah pihak saling mendapatkan
keuntungan dan adanya kepercayaan satu sama lain. Contoh dari bisnis B2B adalah
ketika dua perusahaan mengadakan transaksi jual beli secara onine, begitu juga
dengan pembayaran yang tersedia menggunakan kartu kredit.
• E-commerce business
to consumer (B2C)
Jenis e-commerce B2C
adalah bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen. Sebagai
contoh, produsen menjual produk ke konsumen secara online. Di sini, pihak
produsen akan menjalankan bisnis dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa
adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali. Artinya, produsen
hanya memasarkan produk atau jasa, sementara pihak konsumen hanya sebagai
pembeli atau pemakai.
• E-commerce consumer
to consumer (C2C)
Jenis e-commerce consumer
to consumer dilakukan antara konsumen dengan konsumen. Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan
menjual kembali produk ke konsumen lainnya.
• E-commerce consumer
to business (C2B)
Jenis C2B adalah bisnis
antara konsumen dan produsen. Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada
para produsen yang menjual produk atau
jasa. Sebagai contoh, konsmen akan memberitahukan detail produk atau
jasa yang diinginkan secara online kepada para produsen. Nantinya, produsen
yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang
diinginkan konsumen.
Manfaat
E-commerce
Ada beberapa manfaat
e-commerce, yaitu:
• Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen.
• Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa.
• Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang
luas.
• Mempermudah proses penjualan dan pembelian.
• Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara
online.
• Mempermudah penyebaran informasi.
Keuntungan
E-commerce
Ada banyak keuntungan yang
didapatkan dari e-commerce. Salah satunya adalah menjual produk atau jasa
secara online tanpa harus mendirikan tooko atau kantor besar seperti yang
dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan
memanfaatkan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa
kepada konsumen kapanpin dan di manapun.
Keuntungan lainnya adalah
kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemaaran barang
juga jauh lebih menguntungan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi
untuk melakkan promosi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, Anda sudah
bisa memasarkan produk atau jasa Anda secara meluas ke masyarakat.
Demikian ulasan mengenai
e-commerce, manfaat dan keuntungannya. Semoga bermanfaat. :)
Sumber :
https://www.kompasiana.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya
Komentar
Posting Komentar